Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran: Transisi Dari Sistem Konvensional Ke Sistem Digital Dalam Kegiatan Belajar Pada Siswa Smp Pembangunan Jakarta Timur

Authors

  • Rutinaias Haholongan program studi manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Stefanny Lukyana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Melati Putri program studi manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Feby Fajrina program studi manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Mieke Amalia program studi manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Ono Tarsono program studi manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta

Keywords:

keywords : Internet, Learning Media, Transition, Conventional System, Digital System

Abstract

The utilization of the internet as a learning medium has become an increasingly important issue in education, especially in the current digital era. This research aims to explore how the internet can be used as a learning medium to help the transition from conventional to digital systems in learning activities for students of SMP Pembangunan East Jakarta. The extension method used in this activity is to make observations to students of SMP Pembangunan East Jakarta, then present extension material on the use of the internet as a learning media and students actively participate in discussions by asking open questions. The results showed that the utilization of the internet as a learning medium can improve students' interest in learning, engagement in learning, and their learning outcomes. However, challenges such as limited access and lack of technology skills were also identified. The findings highlight the importance of internet integration in education to enrich students' learning experiences and prepare them to face challenges in an increasingly digitally connected society.

 

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran telah menjadi isu yang semakin penting dalam pendidikan, terutama di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana internet dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu transisi dari sistem konvensional ke sistem digital dalam kegiatan belajar pada siswa SMP Pembangunan Jakarta Timur. Metode penyuluhan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melakukan observasi kepada siswa siswi SMP Pembangunan Jakarta Timur, kemudian memaparkan materi penyuluhan mengenai pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran serta para siswa siswi berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan cara mengajukan pertanyaan terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa, keterlibatan dalam pembelajaran, dan hasil belajar mereka. Namun, tantangan seperti akses terbatas dan kurangnya keterampilan teknologi juga diidentifikasi. Temuan ini menyoroti pentingnya integrasi internet dalam pendidikan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dalam masyarakat yang semakin terhubung secara digital.

Downloads

Published

2024-04-30